sayangi finance mu..


off track,..
dulu waktu SMA, Bingung mo milih jurusan apa,… gw siyh seneng itung2an,… tapi nilai fisika gw “minta mampuusss”(haha…).passion gw dgn desaign and all about drawing, painting dan sejenisnya… intinya siyh, gw suka dunia seni dan teknologi (specially seni lakon  dan seni rupa yang terintegrasi dengan teknologi) tapi, lagi-lagi harus tunduk pada kekuasaan org tuaaa…  FINALLY, gw terjebak di kelas IPS, terjebak dengan teman-temen yang bikin klenger, gilaaa, heboh dan menyenangkan (sstt… ini juga jadi kelebihan kelas IPS,.. yah walo strata IPS selalu paling bawah,.. hiks)

Nah,.. pas kuliah S1, pengen kembali ke  Al-Sirath al-Mustaqim,.. hihi pengen masuk ITENAS … tapi mama lagi-lagi keukeuh gw kuliah di Pekanbaru ambil fakultas pendidikan,… nah lo,...!
Gk puas itu ajah,.. berlanjut ketika gw harus mutusin jurusan kuliah S2,... Hasil pemikiran yang dalam dan hasil semedi dan puasa mandi seminggu , kutu dan kecoa ditemukan mati dengan pose menggenaskan, terlentang tanpa celana dalam… (hahaha)
Gw ambil jurusan Early Childhood Education,… heeee…

Gw cuma mo klarifikasi, bahwa segala yg terjadi di atas, bukan semata karena pribadi yang plin-plan, tapi karena hidup… hidup itu pilihan. Saat kita melewati detik, hal-hal baru akan terjadi, that’s be a critical point which change ur life. The most important, gw gk pernah merasa semua sia-sia,.. gw belajar itu buat gw siap menjalani dan menyikapi kehidupan, gw belajar ekonomi, akuntansi bukan sekedar gw tahu kalo adam smith itu bpk ekonomi, tw kalo om SOROS mengguncang perekonomian
 dan menyebabkan krisis ekonomi di Asia, bahwa ternyata keseimbangan neraca perusahaan itu aktiva=passiva.  Tapi dengan gw belajar akuntansi ekonomi, gw jadi terlatih ngatur keuangan yang efektif, gw jadi paham kalo semakin punya banyak kartu kredit, artinya semakin banyak utanngg… hahahahaha….

Ilmu akuntansi ekonomi gw juga kerasa bget saat jadi anak kos,… eniwei, status mahasiswa di luar pulau ini siyh lots a fun,..(kalo mama gw bilang, “jadi anak kosan itu enak kalo ada  uang rin…!”). Kalo gitu gw wajib syukur karena mama masih mw nanggung hidup gw sampe saat ini,…(hihi,...saat awal bulan gw bersorak gembira karena dapat kiriman, otherplace ada yang pusinnggg karena uang gaji cuma nginep sehari di dompet)sabar mom,… lg proposal niyh…
J

So, di kosan, gw tinggal bareng  sahabat gw, her name is imel, rite… gw beruntung punya roommate yg bisa diandalkan dan mandiri. Kita tiap bulan punya catatan pengeluaran, tiap akhir bulan dikalkulasikan. Karena hidup berdua, (ceileehhh… ceritanya ‘pre-being’), beberapa peraturan dan kebiasaan harus saling tahu dan dipahami. Imel is a nice girl with a  independent personality, mature walo  terkadang suka cerewet jugaaa… hihi,… kalo gw bilang gw ma dia  itu definitely kyk siang dan malam,.. kalo dia lebih teratur dan lebih rajin drpd gw. Nah, ini yg gw seneng, rajin nya dia jadi nular ke gw (eeehhhmm….hihi). Ya, Kalo ada yang bilang “berteman itu ama yang bermanfaat donk!, gw lebih seneng kalimatnya jadi “jadilah teman yang bermanfaat!” (nyentuh dagu pake gaya pistol, hah…). Soal penampilan, dia lebih simple, sedangkan gw mengheboh sendiri… hihi…and masih banyak lagi beda yang malah bikin hidup dan pertemanan kita semakin mesraaaa… (haallaaahh)…. Tapi, calm bos, gw gk bakal panjang cerita, to the point gw mo kasih tips and trik dompet sehat, keuangan selamat ala imel and shernu.

1.     Buat list keperluan  yang mo dibeli /dikeluarkan (contohnya; belanja hidup bulanan, konsumsi,buku, transportasi bwt yg masih setia ama angkot, bus dan teman2nya…hihi, ), ingat, pake skala prioritas… dahulukan KEBUTUHAN bukan KEINGINAN!!!
2.    
     Setelah memPOS kan kebutuhan, sediakan amplop dan tulis judulnya.Contoh: Amplop konsumsi sebulan, amplop uang buku, amplop uang ibadah, amplop uang tak terduga, amplop uang  transportasi (banyak amplop tergantung kreatifitas, :P)
3.      
      Ambil uang dalam jumlah banyak untuk keperluan satu bulan, Mengambil uang sedikit demi sedikit melalui ATM sangat tidak efektif teman..., uang yang telah diambil, langsung dimasukkan  kedalam amplop masing-masing sesuai anggaran yang telah ditetapkan.
     Ketika membeli makan, cukup ambil amplop konsumsi, jangan lirik-lirik amplop yang laen yaaaa….
     
     Jangan menyimpan uang di dompet dalam jumlah banyak (ketika melihat lembaran yang banyak, hasrat belanja cenderung meningkat )
     
     Eitss… jangan lupa sisakan 20% dari uang bulanan untuk ditabung di Bank…

     Beli celengan , dan selalu masukkan uang kecil atau koin-koin kembalian ketika habis berbelanja, yang gila belanjaaaaa, jangan terlalu sering hang out ke Mall(gw gk jamin wanita bisa adem ayem kalo ada di mal… mulut udah kyk buntut ayaam, beli gk beli, wanita ttp histeris kalo lg di mall, … hehe, gw jg gtu…)
          Kalo punya dapur, mending masaak sendiri,… , oea… gk penting deyh pake jasa laundry (khusus cew, kecuali yang full activity)
          Mahasiswa itu salah  satu ciri intelektualnya adalah rajin membaca, so, koleksi buku lebih bermanfaat kebanding koleksi baju,…(hayuuu,… hunting diskonnnn di rumah buku dan gerai yang sejenis….).Kalo belanja baju , beli yang multifungsi, bisa buat occasion yang berbeda ato perbanyak aksesoris baju dan pernik lainnya  (mix and match),… utamakan kualiatas  yaa…

     Kalo jarak kampus-kosan itu dket, jalan kaki lebih sehat mbaqbrow….
     
          Hindari makan gorengan , cireng, cimol berlebihan,..(observasi lapangan menunjukkan bahwa benda yang disebutkan tersebut adalah favoritnya mahasiswa-mahasiswi, hihi…). Sehat itu mahal, sakit itu gk selamanya langsung ngefek lo…. Selain sehat, juga  jd hemat kan?? Be carefull dear

     Kalo ulang tahun, suka khawatir bakal diteror ama  tmen2 kampus… Tenang, kumpulkan tmen2 yang ulang tahunnya di bulan yang sama. Ajak negoisasi, untuk traktir kolektif. Yang gk punya tmen, delo bowkk (derita loe…. hahaha)

     Huftt,… gw udh mulai lapeerrrr…hihihi.. nulis dan mikir berujung obesitassss niyh….next time, bkl ada tips lainnyaaa….
C u soon my dearest pleennnnddddd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta dalam Hati

World, meet new sher nu....